Rabu, November 26, 2008

Kue sus...Oh...Kue sus...


Lagi kangen banget pengen makan kue sus, biasanya ummi gw yang suka bikinin ney kue yang EnaQ, Lezat, Lembut dan yummy abiez. Tapi gimana lagi klo mau makan kue buatan ummi gw, gw harus balik dulu ke Indo, Miss U mom. Untungnya gw tinggal satu rumah ma senior yang pinter banget masak dan bikin kue, kira2 sebulan yang lalu pernah nyoba2 bikin ney kue tentunya sambil dengerin intruksi dari beliau. Hasilnya.... Wueeeenaaak jeLL. ney resep yang beliau ajarin ke gw.
Adonan dasar Kue Sus
Bahan:
200 ml air
125 gr margarine
1 sdm gula pasir
150 gr tepung ter
1.  masak air, mentega, dan gula sampai mendidih  
2. masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga kalis (dengan balloon whisk), angkat dan dinginkan.
3.  masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
4.  masukkan adonan ke dalam plastik segitiga, semprotkan di atas loyang (spuit 1 M) yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung.
5.  Oven pada temperatur 200 derajat C selama kurang lebih 20 menit atau sampai tidak keluar buih-buih lagi.


Vla Vanilla
Bahan:
2 btr kuning telur
50 gr tepung maizena
500 ml susu segar (kalau mau lebih mantap, diganti dengan susu evaporated)
75 gr gula pasir
1 bungkus vanilla

Cara membuat:
  1. cairkan tepung maizena dengan sedikit susu, kocok lepas kuning telur, campurkan ke dalam repung maizena, sisihkan
  2. Didihkan sisa susu dengan gula pasir, aduk agar gula larut. Tuang larutan tepung maizena, aduk cepat dan rata, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat.
Oke deh, gw juga mau nyoba buat sendiri ney, abis kakak senior gw lagi sibuk banget jadi krew KCB (Ketika Cinta Berasbih). doain ya... moga hasilnya seenak yang pernah dia buatin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda mengisi comment di sini...